Mengantongi berbagai ragam wawasan dari berbagai sumber dan membocorkan ke publik

Menciptakan hubungan pergaulan dan persahabatan

Oleh: , Jam: 8:05:00 pm, Facebook, 1 comment,
Tentang pergaulan dan persahabatan

Menurut Theo Huijbers, dalam batin manusia merasa adanya kebutuhan untuk mencari hubungan pribadi dengan orang lain sedemikian rupa sehingga ia merasa kurang lengkap kalau ia tinggal sendirian saja. Setiap manusia adalah individu yang mana ia merasa sepi, sekaligus menjadi sadar untuk mengatasi kesepian itu.

            Dalam suasana saling berbaur, orang dapat saling mengenal, pertama dimulai dari hal-hal yang sederhana tapi selanjutnya dalam waktu tertentu dapat semakin luas dan mendalam. Dari pengenalan yang semakin baik ini maka terjadilah kesamaan dan kecocokan-kecocokan antara satu dengan yang lain, yang akhirnya membuahkan rasa kedekatan dan dorongan untuk rela menjadi bagian dari yang lain. Dari yang tadinya tidak ada hubungan langsung satu sama lain, pelan – pelan menjadi saling kenal, saling bergaul dan berkelompok. Solidaritas dapat lahir dari pergaulan ini.

Kita mungkin sering mendengar, membaca, atau bahkan mengalaminya sendiri tentang persahabatan yang mendalam antara dua orang atau lebih. Perasaan menyatu atau senasib sepenanggungan menyatu dengan sahabat karib, hubungan yang begitu akrab dan mengental tidak jarang justru melebihi kedekatan antara hubungan saudara sendiri. Tidak jarang seorang sahabat rela mengorbankan apa saja bahkan dirinya sendiri demi sahabatnya. Persahabatan memang memiliki tempat tersendiri dalam kehidupan manusia.

            Itulah salah satu hikmah  di ciptakannya manusia dari berbagai bangsa, warna kulit dan bahasa. Sebagaimana firman Alloh SWT dalam surah Al-Hujurot ayat 13:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

13. Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

Menciptakan hubungan pergaulan dan persahabatan

Agar tercipta hubungan pergaulan dan persahabatan yang baik dan harmonis maka di perlukan beberapa sikap yang penting sebagai prasyarat, yaitu: saling menghormati dan menghargai, keterbukaan dan kejujuran, dan koreksi diri sesering mungkin.

1. Saling menghormati dan menghargai

       Dua sikap ini merupakan aspek dari pergaulan dan persahabatan yang memiliki relevansi yang sangat mendasar. Mungkin sesorang tidak akan dapat bergaul dengan baik jika tidak bias menghargai dan menghormati yang lainnya. Maka bisa dikatakan kalau sikap menghormati dan menghargai itu merupakan dasar dan syarat minimal untuk bias terciptanya pergaulan dan persahabatan yang baik di antara masyarakat, baik dalam lingkungan yang kecil seperti dalam keluarga maupun dalam lingkungan yang lebih besar seperti antar komunitas dengan latar belakang yang beranega ragam.

2. Keterbukaan dan kejujuran

         Keterbukaan memiliki dua dimensi yakni terbuka kepada yang lain dan terbuka bagi yang lain. Terbuka kepada yang lain lebih bersikap aktif. Maksudnya, kita aktif ada untuk orang lain, baik sebagai saudara, sahabat maupun teman. Sedangkan terbuka bagi orang lain adalah kesediaan kita untuk membiarkan orang lain hadir dalam kehidupan kita. Kita membiarkan diri untuk jadi pendengar dan bagian dari pengalaman orang lain.


              Suatu keterbukaan yang positif dalam pergaulan dan persahabatan pada dasarnya di bangun di atas sikap yang jujur. Kejujuran dalam pergaulan dengan orang lain di tandai dengan tidak mengeksploitasi orang lain untuk kepentingan diri sendiri. Suatu persahabatan yang sehat harus di bangun di atas sikap yang jujur kepada orang lain. Kita tidak pernah boleh menyampaikan informasi yang palsu dan menyesatkan. Kejujuran merupakan keutamaan etis yang diperlukan dalam suatu pergaulan dan persahabatan



3. Koreksi diri dalam pergaulan dan persahabatan



               Dalam lingkungan pergaulan dan persahabatan bisa jadi seseorang merasa kurang mendapatkan simpati yang sewajarnya dari teman-temannya. Maka dalam hal ini diperlukan adanya introspeksi diri dengan maksud untuk menggali akar masalah dari semua itu. Barang kali ada sikap yang kurang baik yang perlu di perbaiki atau hal-hal negatif lain yang perlu diadakan perubahan pada diri kita. Yang terpenting dalam hal meraih simpati tentunya dengan cara yang wajar saja tanpa perlu berlebihan atau bahkan merugikan diri kita sendiri.




Sumber:



-Kartono, K. Psikologi Sosial Perusahaan Dan Industri, (Yogyakarta: Liberty, 1981)

-Desler, Personnel Management, 90
-Bernadette, N. S. Peranan Psikologi Sosial Dalam Pembangunan: Jurnal Psikologi Dan Masyarakat. (Jakarta:PT. Gramedia, 1993). 153

Yuski Alifi
About
Menciptakan hubungan pergaulan dan persahabatan
Oleh: Yuski Alifi , Jam 8:05:00 pm, Label: Sosial
Share artikel ke: Facebook Twitter Linkedin Digg
1 Komentar Blogger / Komentar Facebook
Add a comment
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.club
arena-domino.vip
100% Memuaskan ^-^
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Flag Counter
IP
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->