Mengantongi berbagai ragam wawasan dari berbagai sumber dan membocorkan ke publik

Kecamatan Bantur Dan Pesona Obyek Wisata Pantainya

Oleh: , Jam: 9:31:00 pm, Facebook, 3 comments
Di sela-sela kesibukan tugas kampus yang datang bertubi-tubi serta kesibukan pribadi lainnya ini saya masih menyempatkan diri untuk memuat artikel sekedar sebagai penghibur serta agar blog yang lebih bertujuan sebagai wadah untuk bacaan pribadi saya ini keberadaannya masih di perdulikan oleh google. Hahaha.....
Kota Bantur Dan Keindahan Pesona Pantainya
http://bantur.malangkab.go.id/?page_id=5
Artikel saya di awal tahun 2015 ini mengangkat tema tentang Kecamatan Bantur. Sekalipun saya bukan aparat, tokoh masarakat maupun orang penting bagi kecamatan Bantur sendiri melainkan hanya warga biasa, namun dengan demikian paling tidak saya telah menjadikan tempat yang merupakan kecamatan dari desa kelahiran saya ini sebagai muatan di salah satu blog saya demi membangkitkan semangat jiwa yang peduli dan cinta tanah air dan tanah kelahiran. Berhubung saya bukan aparat maka sudah barang tentu saya tidak akan tau mengenai seluk-beluk Kota Bantur secara detail. Dengan demikian dalam artikel ini lebih banyak bergantung kepada informasi dari situs-situs hasil penelusuran google yang sempat saya temui. Jadi harap maklum dan salam hormat untuk segenap aparat, tokoh, warga dan semuanya.

Mengenal Kecamatan Bantur
Kota Bantur Dan Keindahan Pesona Pantainya
http://ngalam.web.id/read/4703/kecamatan-bantur/
Kecamatan Bantur Kabupaten Malang merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah Dataran Tinggi dengan Koordinat antara 112O17’10,90” – 112O 57’00,00” Bujur Timur, 7O44’55,11” – 8O26’35,45” Lintang Selatan. Luas wilayah Kecamatan Bantur adalah 158,9 km2 atau 15.897 ha terletak pada urutan luas terbesar ketiga setelah Kabupaten Malang dari 33 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Malang terdiri dari 10 Desa, 105 Rukun Warga (RW) dan 247 Rukun Tetangga (RT), yang tersebar pada wilayah perdesaan dan terletak antara 0–300 m dari permukaan laut. Wilayah datar sebagian besar terletak di Desa Wonokerto, Rejoyoso, Rejosari dan sebagian Karangsari, Wonorejo, Wilayah bergelombang Pringgodani, Bantur, Srigonco dan Sumberbening.

Secara administrasi wilayah Kecamatan Bantur berbatasan dengan:
Utara : Kecamatan Pagelaran
Timur : Kecamatan Gedangan
Selatan : Samudra Indonesia
Barat : Kecamatan Pagak
Kondisi topografis Kecamatan merupakan dataran rendah pada ketinggian 0 – 300 meter dari permukaan laut yang terletak di bagian selatan Kabupaten Malang. Daerah ini terletak di sebelah selatan perbukitan kapur (Gunung Kendeng). Kondisi topografi wilayah ini sebagian besar adalah potensi hutan, serta memiliki sumber air yang cukup yang mengalir sepanjang tahun melalui sungai-sungainya untuk mengaliri lahan pertanian. Memiliki 10 sumber air besar, yang amat bermanfaat pengembangan potensi persawahan.

Obyek Wisata Pantai

Sebagai bloger atau waper yang asli kelahiran Bantur saya pribadi merasa bangga karena Bantur memiliki beberapa pantai yang biasa di jadikan obyek wisata oleh beberapa wisatawan, baik wisatawan yang berasal dari Bantur sendiri, wilayah Malang maupun luar Malang. Banyaknya wisatawan dari luar Malang tersebut dapat kita lihat melalui plat nomor kendaran para wisatawan yang berbeda-beda sesuai tempat asal pengunjung. Trafik pengunjung (Ya Ilaah, kayak blog saja pakai trafik :D ) dapat meningkat di setiap hari-hari libur tertentu seperti tahun baru, lebaran, natal, dan lain-lain. Obyek wisata pantai yang ada di kecamatan Bantur tersebut antara lain adalah:

1. Pantai Balekambang
Kota Bantur Dan Keindahan Pesona Pantainya

Pantai Balekambang adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, KecamatanBantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Malang sejak 1985 hingga kini. Daya tarik Balekambang utamanya tentu panorama alam, gelombang ombak yang memanjang hampir dua kilometer, serta hamparan pasir nan luas. Area pasir putih terlihat bersih dari sampah maupun kotoran sehingga cukup nyaman bagi pengunjung untuk bermain dan berolahraga. Bahkan tak jarang di pantai ini menjadi tempat latihan sejumlah klub sepakbola seperti Arema dan Persema.

Pantai ini mulai berkembang dan disinggahi masyarakat luas tahun 1978, setelah adanya pembukaan akses jalan yang dilakukan Kades Srigonco Tukiran. Nama Balekambang kian dikenal setelah secara resmi dibuka sebagai salah satu tempat wisata oleh Bupati Malang, Eddy Slamet pada 1983. Saat itu jalan pun sudah dimakadam. Pantai ini pula diresmikan sebagai tempat perkemahan pramuka Kabupaten Malang. Kini, akses menuju Balekambang sudah mudah dan nyaman, pengunjung hanya kesulitan ketika berada di kawasan Jurang Mayit karena tanjakan yang menikung tajam. Tetapi, jalannya sudah beraspal mulus karena aksesnya yang bagus, hanya butuh waktu tak lebih dari 30 menit dari kota Kecamatan Bantur ke Balekambang.
Kota Bantur Dan Keindahan Pesona Pantainya
Pantai Balekambang terus berbenah, sejumlah fasilitas tambahan disediakan pengelola, salah satunya flying fox. Permainan ini dilaunching sejak Agustus 2012, namun flying fox ini hanya buka setiap Sabtu-Minggu. Selain flying fox, permainan untuk anak-anak juga menjadi daya tarik. Beragam varian mainan seperti ayunan, patung hewan lengkap tersedia. Bahkan tak lama lagi akan disediakan persewaan ATV.

Pantai Balekambang selain sebagai wisata alam , juga bisa disebut sebagai tempat wisata religi. Karena pada hari-hari tertentu, ribuan pengunjung datang ke pantai ini untuk melakukan ritual. Bagi umat Islam, mereka menjalani ritual dengan berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil, orang pertama yang membabat Pantai Balekambang. Setiap tanggal 1 Sya’ban, para peziarah meluber ke makam yang berada terpencil di tepi Kali Berek, jaraknya sekitar 1 km sebelum masuk Pantai Balekambang dari arah Bantur. Asal usul Syaikh Abdul Jalil dikabarkan berasal dari Jogjakarta. Beliau adalah seorang keluarga ningrat yang memiliki ilmu agama cukup tinggi, karena itu pengaruhnya di masyarakat begitu kuat. Apalagi Syaikh Abdul Jalil termasuk yang tidak mau kompromi kepada penjajah Belanda, karenamya Belanda menjadikannya sebagai orang yang harus disingkirkan.

2. Pantai Kondang Merak
Kota Bantur Dan Keindahan Pesona Pantainya
http://halomalang.com/peta-malang/detail/wisata-pantai-kondang-merak
Pantai indah dengan pemandangan pepohonan yang biru serta airnya yang jernih mirip di tayanga tv-tv ini namanya Pantai Kondang Merak yang berada di kawasan Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, lokasi Pantai Kondang Merak berdampingan dengan Pantai Balekambang dan Pantai Long Bridge yang berjajar dari timur ke barat. Dinamai Kondang Merak, karena pantai ini memiliki Kondang (muara) yang dulu banyak dihuni Burung Merak, sebelum akhirnya punah karena perburuan liar pada 1980 an.

Karena tergolong pantai wisata yang memang belum seramai Sendang Biru maupun Balekambang, Kondang Merak menawarkan suasana yang lebih nyaman jika Ngalamers ingin melihat suasana sunrise dengan siluet karang-karang besar dan bibir pantai yang menjauh karena surut. Tentunya dengan berkemah terlebih dahulu di kawasan ini.
Kota Bantur Dan Keindahan Pesona Pantainya
http://halomalang.com/peta-malang/detail/wisata-pantai-kondang-merak
Ketika musim hujan, pengunjung yang ingin menginap disarankan untuk tiba sebelum gelap. Dikarenakan akses jalan yang tidak mudah (berbatu dan tanah liat) harus ditempuh sekitar 4 Km mulai dari perempatan rest area sebelum masuk kawasan Balekambang. Dari jalan utama Bantur, arah kiri yang masih berupa jalan tanah adalah akses lintas selatan menuju kawasan Sendang Biru. Di arah yang sama, sekitar 3 Km dari rest area terdapat pantai yang juga digunakan sebagai lokasi wisata religi, Pantai Nganteb.
Tiket masuk yang hanya Rp.5000,- (Nov 2014), tentu sangat ramah di kantong para pelancong. Meski belum ada listrik dari PLN, namun banyak warung dan fasilitas kamar mandi yang sudah disediakan warga, termasuk banyaknya tempat sampah, hal yang harusnya mudah ditemukan di kawasan wisata pantai. Di ujung timur pantai juga terdapat perkampungan nelayan. Jika pengunjung ingin membuat api unggun, warga juga menyediakan kayu bakar yang dihargai sekitar Rp.15.000. Wah, keren banget pantai di Kecamatan Bantur ini. Hanya saja saya sendiri belum pernah berkunjung ke pantai ini sekalipun termasuk warga Bantur, bahkan ke pantai Balekambang yang notabene akses jalannya lebih mudah saja masih bisa di hitung. Terakhir kesana 2 bulan yang lalu itupun karena tuntutan pekerjaan. Hehehe....

Baiklah, jika anda pecinta obyek wisata alam yang berupa pantai maka kedua Pantai Kondang Merak di atas dapat anda jadikan pilihan alternatif untuk berlibur serta manikmati suasan pedesaan yang asri. Untuk informasi lebih lengkap silahkan menuju link-link yang menjadi rujukan artikel ini atau anda langsung saja menuju kedua pantai tersebut hehehe.... Sekian dari saya, mohon maaf dan terima kasih

Sumber:
http://bantur.malangkab.go.id/?page_id=5
http://ngalam.web.id/read/4703/kecamatan-bantur/
http://halomalang.com/peta-malang/detail/wisata-pantai-kondang-merak
http://www.eastjava.com/tourism/malang/ina/balekambang.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Balekambang
Yuski Alifi
About
Kecamatan Bantur Dan Pesona Obyek Wisata Pantainya
Oleh: Yuski Alifi , Jam 9:31:00 pm, Label: Tempat Umum
Share artikel ke: Facebook Twitter Linkedin Digg
3 Komentar Blogger / Komentar Facebook
Add a comment
Mantab. Artikel yang bagus dan bermanfaat. Salam kenal dari Rental Mobil Malang Simpati 0821 41555 123
Oke bos.... salam kenal juga (Y)
Delete
Reply Delete
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.club
arena-domino.vip
100% Memuaskan ^-^
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Flag Counter
IP
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->