Mengantongi berbagai ragam wawasan dari berbagai sumber dan membocorkan ke publik

Kitab Arkan

Oleh: , Jam: 9:00:00 pm, Facebook, 0 comments
Kitab Arkan… Begitulah Guru Mushollah di kampung saya dulu menyebutnya. Dilihat dari isinya kitab tersebut sepertinya merupakan matan Safinah Al-najah karya Syekh Salim bin Abdullah bin Sumair namun di sisipi terjemahan berbahasa jawa yang di lanjutkan dengan penjelasan berbahasa madura menggunakan teks arab pegon. Kitab yang lebih fokus pada pembahasan bab ubudiyah sholat tersebut merupakan pelajaran standart bagi para santri kampung yang notabene ngajinya tidak sampai pada taraf kitab yang lebih tinggi karena waktu belajar mereka biasanya cuma di malam hari sementara di siang harinya mereka pulang kerumah dan menjalankan aktivitas masing-masing, kesekolah formal atau membantu orang tua ngarit, dll. Namun meski demikian di beberapa pesantren juga sempat menjadikan kitab tersebut sebagai pelajaran dasar bagi santri junior serta di jadikan kajian rutin sesuai waktu yang telah di tentukan dengan system hafalan atau semaan saja. Ya sudah barang tentu kitab tersebut awalnya memang tersebar di kalangan pesantren dan kemudian di sebarkan di Mushollah masing-masing oleh para santri yang telah boyong.

Sebatas yang saya ketahui dari salah satu sampul kitab tertua yang saya temui, penerjemahan kitab tersebut di lakukan oleh dua tokoh yaitu Kyai Yahya asal Karang Anyar dan yang satunya lagi namanya tidak begitu jelas karena memang tulisannya telah buram. Sepertinya kitab tersebut tidak pernah di cetak maka untuk mendapatkannya biasanya para santri cuma memoto copy atau bahkan menulis dengan tangan.

Sayang sekali, kitab tersebut kini mulai jarang di kaji di mushollah-musholah yang dulu menjadikannya sebagai bahan pelajaran wajib setelah Al-Qur'an. Hal tersebut di picu lantara makin banyaknya Mushollah namun makin sedikitnya minat dan semangat anak didik jaman sekarang terhadap pendidikan. Adapun terkait pengetikan kitab ini lantaran memenuhi permintaan salah satu tokoh agama di kampung sebelah yang masih family dekat yang meminta untuk di tuliskan ulang kitab kecil ini sekedar sebagai standart kompetensi mata pelajaran di TPA tersebut. Maka sebagai santri kampung dan demi meneruskan perjuangan para guru serta mempermudah bagi para santri kampung untuk mendapatkannya kini saya menghadirkannya dalam bentuk pdf.

Bagi yang ingin mendownload kitab tersebut silahkan klik di SINI

NB: Saya menyadari bahwa hasil ketikan ini masih jauh dari kesempurnaan. Apa lagi perangkat saya tidak di dukung software font arab pegon. Maka jika didapati kesalahan yang telah luput dari pemngoreksian saya dalam penulisan kitab tersebut sudilah kiranya anda untuk merevisinya sendiri dengan merujuk pada kitabnya yang berbentuk buku, Syukron Katsir
Yuski Alifi
About
Kitab Arkan
Oleh: Yuski Alifi , Jam 9:00:00 pm, Label: Religi
Share artikel ke: Facebook Twitter Linkedin Digg
0 Komentar Blogger / Komentar Facebook
Add a comment
Bck
Cancel Reply
Flag Counter
IP
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->