Mengantongi berbagai ragam wawasan dari berbagai sumber dan membocorkan ke publik

Form Komentar Facebook Responsive Tanpa Script Resize

Oleh: , Jam: 2:56:00 pm, Facebook, 1 comment,
Form Komentar Facebook Responsive

Facebook merupakan media sosial yang sangat popular saat ini. Layanan jejaring sosial yang di dirikan oleh didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes ini mampu menduduki posisi paling atas sebagai layanan jejaring sosial populer yang di susul twitter pada posisi berikutnya. Pada perkembangan selanjutnya facebook berhasil menelurkan plugin yang dengannya para pelanggan bisa menghubungkan komentar blog atau website mereka dengan facebook. Lantas bagaimana agar kita bisa memasang komentar facebook di blog? Sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang asing. Keberadaan form komentar facebook beserta cara-cara pemasangannya sudah banyak bertebaran di berbagai blog dan website.

Dari sekian banyak tutorial kita bisa menerapkan form komentar facebook di blog. Keluar dari masalah kualitas isi website dan blog. Awalnya senang karena kotak komentar facebook muncul di atas form komentar blogger ( sekalipun tidak pernah ada yang komentar. hahaha….. karena para mancing mania tidak selalu karena suka ikan melainkan sekedar hoby saja.).

Form komentar facebook tidak responsive

Namun permasalahan berikutnya muncul dan senangnyapun tidak jadi karena form kometar facebook pada kondisi defaultnya tidak responsive sementara templatenya responsive karena template responsivesendiri sudah menjadi salah satu hal terpenting demi menjadikan tampilan blog yang simple, unik dan istimewa walau pada kenyataannya masih banyak para bloger dan bahkan master desirner template yang tidak menjadikan template responsive sebagai keharusan untuk website atau blog mereka sendiri sekalipun template responsive dengan kualitas premium banyak terlahir dari ide-ide kreatif mereka.

Maka pada kesempatan kali ini saya akan mencatat hasil pengetahuan dan praktek yang saya dapat dari berbagai sumber internet mengenai cara pemasangan facebook responsive. Sebatas wawasan yang saya dapat, cara agar form komentar facebook bisa responsive itu ada dua: pertama dengan script resize, dan yang kedua dengan css. Berhubung javascript merupakan momok yang menakutkan bagi para blogger fast load lover, apalagi kinerja script resize yang akan selalu loading ketika kita mengecilkan dan membesarkan window browser, maka saya pilih yang pakai css saja. Sebenarnya cara-cara seperti ini juga sudah bertebaran di internet…

Berikut langkah-langkah memasang form komentar facebook responsive di blogger.

1. Copy kode berikut ini dan letakkan di bawah kode <body>

<div id='fb-root'/>
<script src='http://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1'/>

2. Copy kode berikut ini dan letakkan di bawah kode <div class='comments' id='comments'>.
Berhubung kode tersebut umumnya ada dua sementara ketentuan peletakannya tidak bisa dipastikan maka kita letakkan saja kode di bawah ini di bawah kedua kode <div class='comments' id='comments'> tersebut.

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div style='margin-top:20px'>
<div class='fb-comments' data-num-posts='5' data-width='100%' expr:data-href='data:blog.url'/>
</div>
</b:if>

3. Sampai disini sebenarnya kotak komentar sudah muncul. Kalau kita tidak memakai template responsive maka saya rasa sudah cukup.

Form komentar facebook
Namun jika kita memakai template responsive maka kita tinggal menyisipkan css berikut ini tempat nongkrongnya para css yaitu di atas ]]></b:skin>

.fb_iframe_widget,
.fb_iframe_widget span,
.fb_iframe_widget span iframe[style] {
min-width: 100% !important;
width: 100% !important;
}

Demikian catatan ini saya buat sekedar sebagai koleksi bacaan pribadi yang saya publikkan dengan harapan barangkali bisa bermanfaat bagi saudara-saudara sekalian. Mohon maaf, sekian dan terimakasih...

Refrensi:
http://www.hanamera.com/2014/06/top-10-daftar-situs-jejaring-sosial.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
http://stackoverflow.com/questions/22187961/responsive-facebook-comments-css-hack-broken
Yuski Alifi
About
Form Komentar Facebook Responsive Tanpa Script Resize
Oleh: Yuski Alifi , Jam 2:56:00 pm, Label: Tips & Internet
Share artikel ke: Facebook Twitter Linkedin Digg
1 Komentar Blogger / Komentar Facebook
Add a comment
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.club
arena-domino.vip
100% Memuaskan ^-^
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Flag Counter
IP
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->