Mengantongi berbagai ragam wawasan dari berbagai sumber dan membocorkan ke publik

Aplikasi Java Di Laptop

Oleh: , Jam: 1:09:00 am, Facebook, 0 comments
Aplikasi Java Di Laptop
Aplikasi Java Di Laptop

Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat kita temui di berbagai ponsel. Awalnya ponsel yang berplatform java paling di sukai kalangan masyarakat tertentu lantaran platform ini tidak mengenal istilah virus sebagaimana symbian yang bagi pandangan awam juga merupakan satu-satunya pesaing bagi platform java pada waktu itu. Seiring berkembangnya teknologi yang makin canggih dewasa ini masyarakat mulai mengenal Os Android yang membuat perkembangan ponsel java jadi kian surut kecuali di beberapa ponsel china dengan spek rendah.

Melalui ponsel java maka berbagai game, kamus, kitab, dan aplikasi lain yang tentunya mendukung platform java dapat anda buka cukup dengan ponsel anda. Namun berhubung ponsel java sudah tidak begitu di kenal atau bahkan anda juga sudah beralih ke android maka semua aplikasi dan game itu hanya akan jadi kenangan.

Bagi sahabat yang memiliki laptop atau komputer, anda bisa bernostalgia dengan membuka apps dan game java anda melalui laptop atau computer anda. Selain itu, untuk aplikasi seperti kitab, kamus atau apps ebook java lainnya dari segi ukuran memang jauh lebih kecil dari pada exe (format untuk pc). Ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi anda yang butuh apps namun minim pulsa atau berada di jaringan internet yang super lelet seperti saya. Wah, lagi-lagi pembicaraan saya jadi off side dari judul.

Hanya butuh 2 software agar kita bisa membuka aplikasai java di computer,  yaitu Java Emulator/ Kemulator dan Java Runtime Environment. Informasi ini sebenarnya sudah cukup lama dan banyak bertebaran di internet, saya sendiri hanya mencoba untuk memperbaharui informasi tersebut yang sepertinya sudah lama tenggelam dari beranda Google Search.

Baiklah, kedua software tersebut bisa anda dapatkan dari situs resminya secara gratis. Klik di sini untuk download Kemulator melalui situs resminya, atau klik di sini untuk download Java Runtime Environment online installer. Bagi anda yang koneksi internetnya lelet bisa cari yang offline installer saja melalui Google Search. :v


1. Jika kedua software tersebut sudah di dapat maka terlebih dahulu Install Java Runtime Environment sampai selesai setelah itu kemulator. Jika kedua software telah terinstal maka anda tinggal membukanya seperti biasa.

 
Aplikasi Java Di Laptop
 Proses insltall dan open

2. Pada tampilan awal/ default biasanya kecil seukuran layar ponsel. Anda bisa mengaturnya melalui tombol “View” kemudian “Options”.  Atur ukuran “Screen Width” dan “Screen Height”nya sesuai kenyamanan anda kemudian anda keluarkan/ exit dulu untuk mendapatkan hasil perubahan ukurannya.

Aplikasi Java Di Laptop
Klik "vieuw"

Aplikasi Java Di Laptop
Mengatur ukuran


4. Untuk membuka apps java anda tinggal klik “Midlet-Load Jar” atau “Load Jar With Console” yang akan membawa anda kedalam folder di pc anda. Carilah di mana anda menaruh file javanya kemudian double klik/ open file java yang anda simpan. 


Aplikasi Java Di Laptop
 Load jar/ with...
Aplikasi Java Di Laptop
Masuk ke folder disk


 5. Seperti gambar di bawah inilah tampilan apps java kita di pc yang biasanya terlihat imut di hp. Anda juga bisa menampilkan "keypad" untuk apps yang tidak mendukung toch screen dengan menekan "View" kemudian "Keypad".

Aplikasi Java Di Laptop
( Aktifkan keypad )
Aplikasi Java Di Laptop
Tampilan apps dan keypad
Seperti inilah dan sebatas inilah pengetahuan saya. Demikian dan harap maklum… Sukses selalu, sekian dan terima kasih…..
Yuski Alifi
About
Aplikasi Java Di Laptop
Oleh: Yuski Alifi , Jam 1:09:00 am, Label: Apps & Game
Share artikel ke: Facebook Twitter Linkedin Digg
0 Komentar Blogger / Komentar Facebook
Add a comment
Bck
Cancel Reply
Flag Counter
IP
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->